Iran Mau Jadikan Bitcoin Cadangan Devisa, Harga Bitcoin Meroket? ~ Anime Master Software

Iran Mau Jadikan Bitcoin Cadangan Devisa, Harga Bitcoin Meroket?


Iran membuka jalan untuk menjadikan Bitcoin sebagai mata uang cadangan devisa. Laporan tentang Iran yang bergerak menjauh dari dolar Amerika Serikat sebagai cadangan mata uang itu berdasarkan spekulasi bahwa kebijakan tersebut aksi balasan terhadap larangan perjalanan yang dikeluarkan pemerintah Presiden Donald Trump. 

Seperti yang dikutip dari laman Newsbtc.com, Senin, 13 Februari 2017, hingga kini Iran masih di bawah sanksi internasional akibat program nuklirnya. Dengan kelonggaran sanksi tahun lalu, ada sinyal hubungan perdagangan dan diplomatik antara Iran dan Amerika kembali ke normal. Namun, keputusan Donald Trump yang melarang masuknya warga dari tujuh negara Islam ke Amerika kembali mengobarkan ketegangan kedua negara.
 

Sebelumnya, dalam sejumlah kesempatan, Negeri Para Mullah telah mendorong penggunaan mata uang selain dolar AS dalam perdagangan internasional. Tetapi mengingat posisi yang kuat dari dolar AS sebagai mata uang cadangan di seluruh dunia, inisiatif itu kurang sukses. Namun, perkembangan terakhir di bawah kepimpinanan baru Donald Trump mendorong bangsa Persia itu mencari mata uang alternatif.

  Bitcoin sejak lama diterima di seluruh dunia sebagai alternatif dari dominasi mata uang konvensional. Sifat desentralisasi Bitcoin, kemudahan penggunaan, dan kemampuan transfer dana lintas batas yang cepat, menyebabkan mata uang digital itu menjadi pilihan logis untuk digunakan dalam perdagangan internasional. Namun, sangat tidak mungkin bagi negara-negara untuk mengadopsi mata uang yang tidak dikeluarkan oleh bank sentral.

Perbankan dan sektor keuangan di Iran sudah mengeksplorasi penggunaan Bitcoin dan teknologi yang mendasarinya. Baru-baru ini, Kepala Eksekutif Tejarat Bank di Iran menyerukan penyedia layanan perbankan dan pembayaran untuk mempersiapkan diri untuk merangkul teknologi baru yang dapat membantu sektor keuangan negara.
 


Sejumlah media mengutip Ganesh Jung, CEO Draglet—pencipta platform pertukaran Bitcoin BTXCapital yang saat ini digunakan oleh Iran—mengatakan, “Pasarnya sangat besar. Sebuah populasi yang besar dengan proporsi yang tinggi yang terhubung ke Internet menunjukkan adanya potensi pasar yang sepenuhnya belum dimanfaatkan.”
Ia menambahkan, Iran akan mendukung Bitcoin sebagai sinyal bahwa negara itu berharap berintegrasi kembali dengan Barat. Saat ini, tidak ada aturan yang secara khusus mencegah penggunaan Bitcoin di Iran. Tapi dukungan resmi terhadap cryptocurrencyyang mengadopsi Bitcoin sebagai cadangan devisa masih terlalu mengada-ada. Jika hal itu terjadi, maka adopsi Bitcoin akan lebih meningkatkan dan memperkuat nilai di pasar
Dilihat 0 kali
Previous
Next Post »
Thanks for your comment