Lebih Suka Blogger Atau Wordpress Ya ?? ~ Anime Master Software

Lebih Suka Blogger Atau Wordpress Ya ??


Animassoft - Untuk menulis dan membuat sebuah situs pribadi, ada dua layanan blog gratis yang bisa digunakan, antara lain Wordpress dan Blogger. Meski ada banyak layanan blog gratis yang bisa dicoba saat ini, Blogger dan Wordpress masih menjadi layanan paling besar dan mudah digunakan oleh pengguna.
Baca Juga Tutorial Men ROOT HP Xiaomi MI 4c Dan Cara Instal TWRP
Blogger dan Wordpress tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu bingung ingin membuat blog dari Blogger atau Wordpress untuk situs kamu, di sini Jaka jelaskan perbedaan, kelebihan dan kekurangan serta beragam fitur menarik yang bisa digunakan dari kedua layanan blog gratis tersebut.

Untuk Perbedaan Wordpress  Dan Blogger 

Blogger dan WordPress sama-sama menawarkan beragam desain dan fitur yang bisa digunakan dan tidak membingungkan untuk blogger pemula. Meski dua-duanya menarik perhatian, kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Wordpress 


WordPress adalah sebuah blog instant yang dibuat oleh WordPress Foundation dan dirilis pada tahun 2003. Berbeda dengan Blogger yang dibuat untuk pemula, WordPress diciptakan untuk pengguna yang ingin platform blogging lebih kompleks. WordPress sendiri adalah platform Open Source berbasis PHP dan MySQL.


Tujuan lain dari WordPress adalah untuk menciptakan platform blogging dengan fitur dan tampilan antarmuka yang mudah digunakan untuk pemula, tapi bisa dengan mudah melakukan upgrade jika dirasa perlu. Untuk sekadar diketahui, WordPress.com berbeda dengan WordPress.org. WordPress.com memiliki fitur mirip seperti Blogger sedangkan WordPress.org fitur lebih kompleks karena ditujukan untuk advance blogger.

Kelebihan WordPress

  1. Hak akses penuh: Sebuah WordPress yang dibuat secara mandiri (WordPress.org) akan memberikan penggunanya kuasa atas beragam hal, mulai dari konten, tampilan, fitur dan masih banyak lagi.
  2. Custom Domain: Pengguna juga bisa menggunakan custom domain agar situs yang dikelola terlihat lebih profesional.

Kekurangan WordPress

  1. WordPress sendiri memiliki kekurangan yaitu dari segi teknis, WordPress.org tidaklah gratis. Pengguna membutuhkan sebuah hosting untuk menaruh WordPress tersebut. Meski begitu, harga sebuah hosting saat ini juga tidak terlalu mahal untuk sebuah situs sederhana.
Blogger



Blogger adalah sebuah situs blog instant yang dibuat oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Menjadi salah satu situs dengan tampilan antarmuka yang user-friendly, dalam beberapa tahun ini Blogger berhasil menggaet banyak user dan traffic. Pada tahun 2002, Blogger berhasil menarik ratusan ribu pengguna hingga akhirnya Google tertarik untuk membeli situs blogging tersebut.

Sejak Google mengakuisisi Blogger pada tahun 2003 lalu, perusahaan ini menawarkan beragam aplikasi Google yang bisa digunakan secara langsung. Mulai dari AdWords, Adsense, Analytics dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut sangat berguna untuk para blogger pemula.

Kelebihan Blogger
  1. Gratis: Fitur unggulan yang bisa menarik banyak pengguna baru menggunakan Blogger adalah harganya. Setiap pengguna bisa memulai menulis dan membuat situs sendiri tanpa dipungut biaya.
  2. Friendly User Interface: Tampilan antarmuka di Blogger juga sangat ramah untuk digunakan pemula.
  3. Widget: Terdapat beragam Widget untuk mengatur tata letak Blogger.
  4. Mudah ganti tampilan: Untuk pengguna yang ingin mengganti tampilan (tema/template),
  5. Tidak down: Karena dikelola oleh Google, perawatan dan pemeliharaan server menjadi prioritas utama Google. Dengan begitu, pengguna tidak akan mengalami server down saat menggunakan Blogger.
  6. Mudah melacak: Pengguna bisa dengan mudah memasang tracking untuk mengetahui siapa yang mengunjungi situs kamu.
  7. Mudah pasang iklan: Google memberi kemudahan untuk pengguna yang ingin menghasilkan uang dari Blogger. Saat belum mengganti domain, pengguna bisa menghasilkan uang dari blog menggunakan Google Adsense.
Kesimpulan

Tergantung dengan blog seperti apa yang ingin kamu buat, Blogger dan WordPress bisa menjadi salah satu pilihan untuk pemula ataupun berpengalaman. Meski Blogger menjadi situs yang lebih lama berdiri dibanding WorPress, tidak terjadi banyak perubahan yang bisa membingungkan pengguna.

Blogger juga menjadi populer karena salah satu tempat penulisan pribadi beragam jenis tulisan, mulai dari diari, jurnal, kejadian besar, liburan keluarga, perjalanan keluar negeri hingga pernikahan. Blogger juga bisa mempermudah penggunanya untuk menganalisis darimana traffic situs kamu berasal, memasang iklan hanya dengan menggunakan satu akun Google.

Sedangkan WordPress memang ditujukan untuk pengguna lebih profesional, tapi tidak terlalu menyulitkan juga untuk pengguna pemula yang ingin mempelajari WordPress. WordPress bisa digunakan secara gratis pada situs WordPress.com. Untuk melakukan upgrade secara mandiri, pengguna bisa menggunakan WordPress.org.
Dilihat 0 kali
Previous
Next Post »
Thanks for your comment